Senin, 18 April 2011

ANTISIPASI KECELAKAAN

ANTISIPASI KECELAKAAN
KERUSAKAN jalan di Jalur Lintas Kalimantan poros selatan yang menghubungkan Kota Palangkaraya-Banjarmasin dianggap sebagai salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas.
Kondisi jalan tersebut memang memprihatinkan... Aspalnya sudah terkelupas di sana-sini sehingga menimbulkan banyak lubang.
Untuk mengurangi risiko kecelakaan, belasan anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Pulang Pisau berinisiatif menimbun lubang-lubang di jalan tersebut. “Biasanya yang terjadi kecelakaan tunggal namun kebanyakan tidak sampai menyebabkan korban jiwa,” kata Kepala Satlantas Polres Pulang Pisau Ajun Komisaris (AKP) Dhanang Bagus Anggoro di sela-sela kegiatan kerja bakti bersama satuannya, kemarin.
Dia menyebut, sebagian besar kecelakaan yang dipicu kondisi jalan yang rusak adalah kecelakaan tunggal. Meski tidak menyebutkan berapa jumlah korban, Dhanang menyatakan, jumlah kasus kecelakaan seperti itu cukup signifikan. “Kalau kita melihat kondisi jalan yang ada masih banyak bergelombang, banyak tikungan tajamnnya dan banyak yang belubang. Beberapa lubang memang terlihat dangkal. Tapi ternyata cukup dalam dalam dan berbahaya bagi pengendara,” beber Dhanang.
Dhanang berpesan, kondisi jalan yang baik tidak akan cukup untuk mengantisipasi kecelakaan jika tidak diimbangi dengan kesadaran berlalu lintas yang baik dari para pengguna jalan.
Oleh sebab itu, dia mengimbau agar pengguna jalan berhati-hati dan menyesuaikan kecepatan dengan kondisi jalan. “Ketika melintasi daerah permukiman, saya sarankan agar kecepatan maksimal 50-60 km per jam,” saran Kasatlantas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar