Sabtu, 16 Oktober 2010

Nama : Tangkas Lubis

Npm : 15109852

Kelas : 2 Ka 28

KOMPUTER DAN INDUSTRI

Robot tidak dipergunakan pada lingkungan kerja secepat diharapkan oleh para pendukungnya. Beberapa faktor yang menghambat antara lain adalah kehandalan, biaya yang tinggi dan suku bunga yang cukup tinggi dari perbankan. Akan tetapi, karena desakan Jepang yang tidak tertahankan, negara-negara di Amerika Utara dan Eropa Barat mulai memikirkan untuk memanfaatkan robot di industri mereka. Mereka berharap untuk dapat memulihkan kejayaan ekonomi mereka. Industri mobil di Amerika Serikat mengalami masa suram, karena kalah bersaing dengan produk Jepang. Mereka menerapkan otomasi industri dengan robot dan berharap dapat merebut kembali pasaran mobil didalam negeri.

Robot dapat mempengaruhi proses industri dalam beberapa hal:

- Peningkatan Produktivitas. Jam kerja pabrik bertambah, mudah melakukan pergantian alat, otomasi skala kecil dapat diwujudkan.

- Kestabilan dan Peningkatan Kualitas Produk. Variasi hasil produksi berkurang, jam kerja mendekati 24 jam sehari, dikurangi waktu pergantian pekerja.

- Peningkatan dalam Manajemen Produksi. Berkurangnya tenaga kerja mengurangi masalah personalia, mengatasi masalah kurangnya tenaga terampil.

- Lingkungan kerja yang manusiawi. Pekerja tidak usah bekerja didaerah yang berbahaya bagi mereka, tidak bekerja secara monoton.

- Penghematan sumber daya. Robot yang efektif akan membantu penghematan material dan suku cadang, tidak perlu pendingin atau pemanas ruangan dan mungkin tidak terlalu membutuhkan penerangan.

Dengan diambil alihnya tugas manusia oleh robot, maka kesehatan karyawan (terutama yang bekerja di daerah berbahya) meningkat, kecelakaan dapat dikurangi. Keselamatan kerja dan penghematan biaya perawatan karena kecelakaan kerja akan terus membaik, cenderung menguntungkan perusahaan dan para pekerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar